Selasa, 21 April 2020

Deskripsi Nilai Pencapaian Kompetensi

Dalam Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pada Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP). Salah satu perbedaanya adalah hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi. Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk: 1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu. 2) deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Deskripsi pencapaian kompetensi peserta didik diberikan untuk masing-masing kompetensi. Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.

Berikut ini beberapa contoh deskripsi pencapaian kompetensi peserta didik untuk aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan untuk siswa Sekolah Dasar.
Dalam Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pada Kurikulum  Deskripsi Nilai Pencapaian Kompetensi
A. Sikap Spiritual
NoNilaiDeskripsi
1SBSangat baik dalam ketaatan beribadah. Sangat baik dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sangat baik dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah
2BPerlu mendapat bimbingan dalam ketaatan beribadah. Cukup baik dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sudah baik dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah
3CPerlu mendapat bimbingan dalam ketaatan beribadah. Perlu mendapat bimbingan dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Perlu mendapat bimbingan dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah
4KPerlu mendapat bimbingan dalam ketaatan beribadah. Perlu mendapat bimbingan dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Perlu mendapat bimbingan dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Perlu mendapat bimbingan dalam toleransi dalam beribadah

B. Sikap Sosial
NoNilaiDeskripsi
1SBMenunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri. Menunjukkan sikap baik dalam Jujur, baik dalam Disiplin, baik dalam Tanggung  jawab, sangat baik dalam Peduli, baik dalam Rasa ingin tahu, sangat baik dalam Santun, baik dalam Percaya Diri
2BMenunjukkan sikap, disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri. Perlu bimbingan dalam Jujur, baik dalam Disiplin, baik dalam Tanggung  jawab, sangat baik dalam Peduli, baik dalam Rasa ingin tahu, sangat baik dalam Santun, baik dalam Percaya Diri
3CMenunjukkan sikap jujur, tanggungjawab, percaya diri. Perlu bimbingan dalam Jujur, perlu bimbingan dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, perlu bimbingan dalam Peduli, perlu bimbingan dalam Rasa ingin tahu, perlu bimbingan dalam Santun, perlu bimbingan dalam Percaya Diri
4KPerlu bimbingan dalam Jujur, perlu bimbingan dalam Disiplin, perlu bimbingan dalam Tanggung  jawab, perlu bimbingan dalam Peduli, perlu bimbingan dalam Rasa ingin tahu, perlu bimbingan dalam Santun, perlu bimbingan dalam Percaya Diri

C. Pengetahuan (Pendidiksn Kewarganegaraan)
NoNilaiDeskripsi
1ASangat pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat pandai dalam KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. 
2A-Pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat pandai dalam KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. 
3B+Sangat pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.
4BPerlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. 
5B-Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. 
6C+Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.
7CPerlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.
8C-Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.
9D+Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.
10DPerlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat.

D. Keterampilan (Agama dan Budi Pekerti)
NoNilaiDeskripsi
1ASangat mahir melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sangat mahir melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat mahir melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
2A-Sangat mahir melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sangat mahir melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat mahir melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
3B+Masih perlu banyak berlatih melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sudah trampil melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat mahir melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
4BPerlu mendapat bimbingan KD mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan KD mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq. Perlu mendapat bimbingan KD mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu dan perilaku hidup bersih dan sehat, perlu mendapat bimbingan KD mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr, perlu mendapat bimbingan KD mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu, perlu mendapat bimbingan KD mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
5B-Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
6C+Sudah trampil melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, masih perlu banyak berlatih melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, masih perlu banyak berlatih melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
7CPerlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, masih perlu banyak berlatih melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, masih perlu banyak berlatih melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
8C-Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar
9D+Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar.
10.DPerlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar