Dalam Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik pada Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya (KTSP). Salah satu perbedaanya adalah hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi. Laporan hasil penilaian oleh pendidik berbentuk: 1) nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu. 2) deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.
Deskripsi pencapaian kompetensi peserta didik diberikan untuk masing-masing kompetensi. Penilaian hasil belajar peserta didik mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang sehingga dapat digunakan untuk menentukan posisi relatif setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Cakupan penilaian merujuk pada ruang lingkup materi, kompetensi mata pelajaran/kompetensi muatan/kompetensi program, dan proses.
Berikut ini beberapa contoh deskripsi pencapaian kompetensi peserta didik untuk aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan untuk siswa Sekolah Dasar.
A. Sikap Spiritual No | Nilai | Deskripsi |
1 | SB | Sangat baik dalam ketaatan beribadah. Sangat baik dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sangat baik dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah |
2 | B | Perlu mendapat bimbingan dalam ketaatan beribadah. Cukup baik dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Sudah baik dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah |
3 | C | Perlu mendapat bimbingan dalam ketaatan beribadah. Perlu mendapat bimbingan dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Perlu mendapat bimbingan dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Sangat baik dalam toleransi dalam beribadah |
4 | K | Perlu mendapat bimbingan dalam ketaatan beribadah. Perlu mendapat bimbingan dalam mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan. Perlu mendapat bimbingan dalam berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Perlu mendapat bimbingan dalam toleransi dalam beribadah |
B. Sikap Sosial No | Nilai | Deskripsi |
1 | SB | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri. Menunjukkan sikap baik dalam Jujur, baik dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, sangat baik dalam Peduli, baik dalam Rasa ingin tahu, sangat baik dalam Santun, baik dalam Percaya Diri |
2 | B | Menunjukkan sikap, disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri. Perlu bimbingan dalam Jujur, baik dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, sangat baik dalam Peduli, baik dalam Rasa ingin tahu, sangat baik dalam Santun, baik dalam Percaya Diri |
3 | C | Menunjukkan sikap jujur, tanggungjawab, percaya diri. Perlu bimbingan dalam Jujur, perlu bimbingan dalam Disiplin, baik dalam Tanggung jawab, perlu bimbingan dalam Peduli, perlu bimbingan dalam Rasa ingin tahu, perlu bimbingan dalam Santun, perlu bimbingan dalam Percaya Diri |
4 | K | Perlu bimbingan dalam Jujur, perlu bimbingan dalam Disiplin, perlu bimbingan dalam Tanggung jawab, perlu bimbingan dalam Peduli, perlu bimbingan dalam Rasa ingin tahu, perlu bimbingan dalam Santun, perlu bimbingan dalam Percaya Diri |
C. Pengetahuan (Pendidiksn Kewarganegaraan) No | Nilai | Deskripsi |
1 | A | Sangat pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat pandai dalam KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
2 | A- | Pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, sangat pandai dalam KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
3 | B+ | Sangat pandai dalam KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
4 | B | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
5 | B- | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
6 | C+ | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
7 | C | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
8 | C- | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
9 | D+ | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
10 | D | Perlu mendapat bimbingan KD memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari, perlu mendapat bimbingan KD Menghargai semangat kebinekatunggalikaan dan keragaman suku bangsa dan agama dalam kehidupan bermasyarakat. |
D. Keterampilan (Agama dan Budi Pekerti) No | Nilai | Deskripsi |
1 | A | Sangat mahir melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sangat mahir melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat mahir melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
2 | A- | Sangat mahir melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sangat mahir melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat mahir melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
3 | B+ | Masih perlu banyak berlatih melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, sudah trampil melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, sangat mahir melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, sangat mahir menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
4 | B | Perlu mendapat bimbingan KD mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan KD mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq. Perlu mendapat bimbingan KD mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu dan perilaku hidup bersih dan sehat, perlu mendapat bimbingan KD mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr, perlu mendapat bimbingan KD mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu, perlu mendapat bimbingan KD mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan |
5 | B- | Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
6 | C+ | Sudah trampil melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, masih perlu banyak berlatih melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, masih perlu banyak berlatih melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
7 | C | Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, masih perlu banyak berlatih melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, masih perlu banyak berlatih melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, masih perlu banyak berlatih mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
8 | C- | Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |
9 | D+ | Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar. |
10. | D | Perlu mendapat bimbingan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf, perlu mendapat bimbingan melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya, perlu mendapat bimbingan melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas, perlu mendapat bimbingan mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar |